POLTEKKES KEMENKES JAKARTA II

Senin, 13 Januari 2014

Radiologi Diagnostik dan Intervensional

0 komentar
Dalam dunia raiografer terdapat 2 prosedur pelayanan radiologi, yaitu radiologi diagnostik dan radiologi intervensional, adapun perbedaan dari prosedure pelayanan radiologi ini tidak lain dari penggunaan tujuan dari pemeriksaannya.

Pengertian
  • Radiologi diagnostik adalah cabang ilmu radiologi yang berhubungan dengan penggunaan pesawat sinar-X untuk prosedur diagnostik saja.
  • Radiologi intervensional adalah cabang ilmu radiologi yang berhubungan  dengan penggunaan pesawat sianr-X ( konvensional, fluoroskopi, c-arm, u-arm, cinefluorografi dan CT) untuk memandu prosedur percutaneus seperti : pelaksanaan biopsi, pengeluaran cairan, pemasukan kateter dan melihat pelebaran terhadap saluran(ductus) / pembuluh darah yang menyempit.
Kedua prosedur pelayanan ini memiliki hubungan yang berkaitan dan saling mendukung, karena setiap pemeriksaan apapun didalam dunia radiologi, harus dilakukan tindakan diagnostik terlebih dahulu seperti plain photo. Inilah secara singakat tentang hubungan dan perbadaan radiologi diagnostik dan intervensional, semoga bermanfaat.
Sumber: http://radiograferatrosumbar.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar